Senin, 21 Desember 2009

TENTANG INTERNET

    Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (Interkoneksi) yang terbentuk dari milyaran komputer di seluruh dunia. Dimulai pada pertengahan tahun 1970 pada masa perang dingin dan mencapai puncaknya pada tahun 1994.     Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan hambatan jarak dan Waktu dalam mendapatkan informasi. Dari segi ekonomi, Internet merupakan sebuah jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif murah jika dibandingkan dengan hasil yang akan didapat.
     Perkembangan Teknologi Informasi terutama dalam bidang internet secara langsung mampu menggeser bahkan merubah sistem dan pola hidup manusia, perkembangan tersebut memicu munculnya aspek-aspek sosial yang dapat dikatakan baru, atau aspek-aspek sosial lama yang muncul dengan cara baru.
    Salah satu dari aspek tersebut antara lain; Setelah berkembangnya Internet, sumber Informasi menjadi lebih beragam dan luas; Jarak dan Waktu bukan lagi kendala yang utama; munculnya sistem pembelian dan pembayaran On-line; mengadakan rapat secara bersamaan dan langsung dari berbagai tempat; perubahan dalam bidang hukum dan perundangan; pertukaran dan asimilasi nilai-nilai budaya yang cepat sampai Carding; Hacker; Cracker; bahkan Pornografi.
    Perubahan nilai yang muncul dari aspek sosial internet menuntut pergerakan dengan cepat menyiapkan infrastruktur dan faktor-faktor yang bersangkutan dengan bidang tersebut, atau akan tertinggal, karena Internet merupakan salah satu jembatan penting untuk masuk dalam kancah dunia.

Pengguna Internet
    Sejak diperkenalkannya kepada dunia pada tahun 1972-1973, penggunaan Internet pun meluas tidak hanya pada kalangan khusus (militer pada saat itu) saja. Seiring dengan perkembangannya, orang-orang yang memanfaatkan Internet membuat sebuah sistem yang memudahkan peng-akses-an internet oleh masyarakat luas. Sistem ini juga memungkinkan adanya peluang bisnis dalam bidang ini. Hal ini ditandai dengan didirikannya provider (penyedia layanan) internet sampai warnet (warung internet).

Penyedia Jasa Internet
    Institusi yang menyediakan jasa layanan koneksi ke Internet
Yang berada di Indonesia contohnya: Melsa, Telkomnet instan, Centrin, Wasantaranet, CBNet, Indosat, dan lain-lain.  Dengan banyaknya ISP-ISP, maka organisasi APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dibentuk. Assosiasi ini berfungsi sebagai pemersatu penyedia jasa layanan ini, sehingga para pengguna Internet dapat terus memanfaatkan Internet untuk keperluan mereka

Pengguna (User)
    Pengguna internet secara privat (perorangan maupun organisasi) disebut user. Tergantung dari keperluannya menggunakan internet, 'user' digolongkan lagi dalam beberapa kategori. (dari berbagai sumber)

LAPTOP ORISINIL

laptop
Sebelum lebih jauh, pengertian Black Market atau yang lebih sering diketahui masyarakat banyak adalah be-em, Black market adalah istilah untuk produk yang dijual di Indonesia melalui jalur tidak resmi (ilegal), maka tidak ada jaminan mutu, garansi atau faktor penting lain dari produsen. barang ini dijual karena untungnya cukup besar dan user bisa membeli di bawah harga - harga pasar. Di dunia komputer,Black market sering diistilahkan sebagai produk "PI" (Parallel Import). Produk Black market melanggar aturan hukum nasional seperti: UU Perlindungan konsumen, UU Pajak, UU Bea Cukai, serta peraturan Menteri Perdagangan & Perindustrian.
Ciri - ciri Black Market
1. Umumnya terjadi pada produk yang banyak dicari konsumen (Hot Product)
2. Harga di bawah pasaran dengan selisih cukup jauh karena tidak membayar bea masuk dan kemungkinan telah mengalami re-kondisi.
3. Tidak memiliki garansi resmi, juga tidak ditemukan kartu garansi Indonesia di dalamnya. Klaim juga tidak dapat dilakukan pada Service Center Resmi.
4. Dijual bukan melaui distributor resmi produk tersebut. Biasanya penyalur resmi memiliki tanda seperti hologram atau kartu garansi resmi produk.
5. Laptop Black market dengan aplikasi tertentu di dalamnya (seperti Microsoft Windows), maka aplikasi tersebut dapat dikategorikan ilegal juga.
Cara Menguji Produk Black Market vs Original
1. Meminta kepastian dari toko penjual mengenai keaslian produk. Lebih bagus jika toko tersebut merupakan dealer resmi produk yang bersangkutan.
2. Cek informasi dari web vendor yang menyajikan data - data spesifik mengenai toko partner resmi mereka.
3. Menguji nomor seri produk/kartu garansi langsung kepada Customer Support Vendor melalui telepon atau distributor resminya.
4. Harga produk resmi selalu standar, atau sesuai dengan nilai produk. Jika terlalu murah, patutu dicurigai. Lihat harga pembanding di web, misalnya situs Bhinneka.
5. Kartu garansi selalu memiliki ciri - ciri khusus yang menandakan keasliannya, seperti hologram
6. Masa garansi harus standar, seperti satu atau dua tahun. Jika kurang dari itu, patut dicurigai.

Semoga bermanfaat...

PENGERTIAN KOMPUTER

Arti istilah komputer dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut





Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan komputer. Istilah Computer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan. Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna. Sistem komputer juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksi ataupun peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya, maka komputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri dan rumah tangga. Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk kontrol seperti ini dengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang membuat robot kecil yang berguna seperti robot kendaraan yang dipergunakan dalam misi ruang angkasa.

Berdasarkan data yang diolahnya, komputer terdiri dari:
- Komputer analog
- Komputer digital
- Komputer hibrid

Berdasarkan penggunaannya, komputer dibagi menjadi:
- Special purpose computer
- General purpose computer

Berdasarkan skala kemampuannya, komputer dibagi menjadi:
- Small scale computer
- Medium scale computer
- Large scale computer

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu:
1. Microcontroller
2. Microcomputer
3. Engineering workstation
4. Minicomputer
5. Mainframe
6. Supercomputer

Teknologi Komputer 2010



iFreeze adalah konsep iMac masa depan, desain berbasis ilustrator dan di desain Adam Benton. Sepenuhnya nirkabel, iFreeze yang dilengkapi dengan 30″ layar LCD yang menjadi transparan bila tidak digunakan. Keyboard yang juga transparan dan menggunakan kunci cahaya sensitif illuminated. Seluruh mesin akan dikemas dengan 5TB harddisk.
Laptop yang mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, barang itu lebih tepatnya kalau disebut Digital Book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC).

TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21″ lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad.

Paper PC karena bentuknya yang seperti lembaran kertas berupa layar sebagai antar muka dan dilengkapi pena untuk mengoperasikannya dengan cara touch screen. Didesain oleh Avery Holleman.

Primer Gaming Laptop (PGL) dapat menjadi pilihan sebagai langkah gamers keluar ke medan perang. Ketika dibuka sempurna, memiliki desain yang super lebar yaitu 26″ (13″ ketika ditutup) dengan 32:10 aspek lebih baik dalam permainan visibilitas.

Generasi laptop masa depan dibuat oleh industri desainer Jerman Felix Schmidberger, model classy, elegan, futuristik laptop yang menggunakan OLED touchscreen

MINIATUR STMIK RAHARJA


Minggu, 20 Desember 2009

PROCESSOR

Tulisan ini lanjutan dari sebelumnya yang membahas isi dari CPU. Kemarin sudah membahas mengenai motherboard, kali ini kita akan membahas processor. Apa sih processor itu? Bagaimana bentuknya? Fungsinya buat apa?

Dibawah ini akan coba dijelaskan apa itu processor. Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

Bagaimana sih bentuknya? Coba lihat gambarnya berikut ini.


Itu adalah gambar processor yang terbaru, baik dari Intel maupun AMD.

MOTHERBOARD

Tulisan ini bagi yang ingin mengenal isi CPU, diantaranya motherboard atau mainboard. Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.

Seperti apa sih bentuk motherboard tersebut? Di bawah ini adalah contoh gambar motherboard "Gigabyte GA-MA69GM-S2H".



Anda lihat bagian yang berwarna-warni itu?
Itu merupakan tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA card, memory card, TV Tuner, Video card, dan lain-lain.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Meskipun transistor dalam banyak hal memiliki kemampuan yang melebihi tube vakum, tapi transistor terlalu besar dalam menghasilkan panas, yang berpotensi bisa merusak bagian-bagian dalam komputer. kemudian ditemukanlah Batu kuarsa atau quartz rock yang dapat menghilangkan masalah ini. Seorang insinyur di Texas Instrument, bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang kecil terbuat dari pasir kuarsa. kemudian para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dinamakan semikonduktor. sehingga menghasilkan sebuah komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga yang lain adalah penggunaan sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system, yaitu suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi atau memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.

Kamis, 17 Desember 2009





Nama Lengkap (Full Name) : Ir. Untung Rahardja,M.T.I.
N I P (Employee Registration) : 000594
Pekerjaan (Occupations) :
* Ketua STMIK Raharja (2003-sekarang)
* Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja (2003-sekarang)
* Direktur Sky Computer (1994-Sekarang)
* Ketua Raharja Enrichment Centre (REC) 2007

Selasa, 08 Desember 2009

AKREDITASI




Program Diploma

Program Studi

Komputer Akuntansi : Akreditasi A , 019/BAN-PT/Ak-VII/Dipl-III/I/2008,
Tanggal 18 Januari 2008

Teknik Informatika : Akreditasi B , 017/BAN-PT/Ak-VII/Dipl-III/XII/2007,
Tanggal 29 Desember 2007

Manajemen Informatika : Akreditasi B , 006/BAN-PT/Ak-VII/Dipl-III/VIII/2007,
Tanggal 3 Agustus 2007



Program Sarjana

Program Studi

Sistem Komputer : Akreditasi B , 019/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007,
Tanggal 25 Agustus 2007
Teknik Informatika : Akreditasi B , 001/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007,
Tanggal 4 Mei 2006

Sistem Informasi : Akreditasi B , 002/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007,
Tanggal 11 Mei 2006

STRUKTUR ORGANISASI STMIK RAHARJA

ARTI LOGO & NAMA RAHARJA

Logo STMIK Raharja



Logo AMIK Raharja Informatika











ARTI NAMA RAHARJA
Nama Raharja diinspirasikan dari motto Kota dan Kabupaten Tangerang, yaitu “Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja” dan “Satya Karya Kerta Raharja”. Nama ini dipahami sebagai arti “Kesejahteraan”.
Dan arti luasnya adalah :
Keinginan dan niat para pendiri untuk membantu pemerintah ikut serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera melalui penguasaan dibidang teknologi informasi dan komputer.

LOGO RAHARJA
Dasar Pemikiran
Filosofi logo mengacu pada keberadaan Perguruan Tinggi Raharja menjadi lintas delapan penjuru mata angin dimana Pribadi Raharja itu berasal dan menjadi subjek penguasaan berbagai bentuk pengetahuan dan keahlian dibidang teknologi informasi dan komputer. Pengetahuan dan keahlian tersebut menjadi modal dasar bagi pribadi-pribadi yang unggul dan matang untuk menerapkannya di berbagai bidang kehidupan ke seluruh penjuru mata angin dan kembali menjadi bagian dari masyarakat global dengan segala kemajuan pemikiran, kemodernan, dan keintelegensian.

Filosofi Visual
Visual terdiri dari lima bagian dengan makna sebagai berikut :

1. Segi delapan sebagai lintas delapan penjuru mata angin dimana Pribadi Raharja itu berasal dan tersebar.
2. Lingkaran luar (besar) menyiratkan Pribadi Raharja menjadi bagian dunia global dengan segala kemajuan pemikiran, kemodernan, dan keintelegensian.
3. Lingkaran dalam (kecil) menyiratkan Pribadi Raharja adalah masyarakat kampus dengan atmosfer semangat multi perspective yang memungkinkan munculnya kesadaran lintas perbedaan dalam memahami dunia global, yang berorientasi pada semangat globalisasi dan datang dari berbagai latar belakang perbedaan tersebut.
4. Silhouete orang yang sedang mengoperasikan komputer melambangkan bahwa Perguruan Tinggi Raharja berorientasi pada ilmu pengetahuan teknologi dan komputer dan segala aplikasi serta keahliannya. Selain itu juga silhouete tersebut adalah simbol R yang berarti inisial dari Nama Perguruan Tinggi Raharja.
5. Tulisan STMIK Raharja dan AMIK Raharja Informatika merupakan akronim dari Perguruan Tinggi Raharja.

Filosofi Warna
Panca Warna yang digunakan adalah Merah, Hijau, Biru, abu - abu, dan putih dengan makna sebagai berikut :

1. Warna Merah melambangkan kedinamisan dan keberanian melakukan terobosan - terobosan baru
2. Warna Biru mencerminkan keabadian dan kesahajaan
3. Warna Hijau mencerminkan kemakmuran, kesejahteraan dan kedamaian/persaudaraan
4. Warna Abu-abu mencerminkan kemajuan pemikiran, kemodernan, dan keintelegensian
5. Warna putih mencerminkan ketulusan, keikhlasan

LOKASI STMIK RAHARJA

Kampus Modern
Jl. Jendral Sudirman No. 40 Modern-Tangerang, Banten 15117
Telepon : 021-552-9692, 021-552-9586
Fax : 021-5529742

Kampus Cimone
Jl. Gatot Subroto Km. 2 Harmoni Mas Blok A7-8 Cimone-Tangerang, Banten 15114
Telepon : 021-553-7809
Fax : 021-529742

VISI & MISI STMIK RAHARJA

Visi

Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja berorientasi ke depan yang lebih baik dan sudah cukup realitas untuk dapat dicapai serta konsisten dengan perkembangan sejarah, budaya dan nilai-nilai pendidikan tinggi. Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan telah membawa perubahan dalam paradigma perguruan tinggi.
Sejalan dengan perkembangan Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja selama lebih kurang 5 (lima) tahun, dan melihat peluang dan tantangan institusional pada masa yang akan datang visi Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja;
"Menuju Perguruan Tinggi unggulan pada tahun 2010 yang menghasilkan lulusan kompeten di bidang Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Sistem Komputer serta memiliki daya saing yang tinggi dalam era globalisasi" .


Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan komputer (Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Sistem Komputer) yang menghasilkan lulusan bermoral, terampil, dan kreatif serta memiliki daya saing tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
2. Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi dan industri Indonesia, serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasi kehidupan masyarakat.
3. Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi

Senin, 07 Desember 2009

SEJARAH STMIK RAHARJA









Pada saat ini perguruan tinggi Raharja terdiri dari dua institusi pendidikan antara lain AMIK Raharja Informatika dan STMIK Raharja. Adapun Sejarah berdirinya Perguruan Tinggi Raharja diawali oleh sebuah lembaga kursus komputer, yang diresmikan pada tanggal 03 Januari 1994 dengan nama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Komputer (LPPK) Raharja oleh Walikota Tangerang, Drs. Djakaria Machmud. Pada waktu itu, lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system Windows dan aplikasinya di wilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang dilakukan oleh lembaga ini dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.

Pada tanggal 24 Maret 1999, karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan, berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika. Diresmikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999, dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.

Pada Tahun 2000, AMIK Raharja Informatika menambah jurusan Teknik Informatika (TI) dan Komputerisasi Akuntansi (KA). Pada tanggal 02 Februari 2000 berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV Nomor : 3024/004/KL/1999, AMIK Raharja Informatika secara resmi menyelenggarakan program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama, Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya, kepada lulusannya.

Kepercayaan dan dorongan dari berbagai pihak kepada Yayasan Nirwana Nusantara, sebagai penyelenggara pendidikan untuk segera meningkatkan status dan mutu prestasi kualitas lulusannya. Hingga terwujudlah Sekolah Tinggi Manajemen & Ilmu Komputer (STMIK) Raharja, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 74/D/O/2001, tanggal 13 Juli 2001. STMIK Raharja menjadi perguruan tinggi komputer yang memiliki program studi terlengkap di propinsi Banten, dan telah diakui pengalamannya dalam menyelenggarakan sistem pendidikan teknologi informasi dan komputer. Perkembangannya pun tidak berhenti sampai disini, AMIK Raharja Informatika mendapatkan status akreditasi-B untuk jurusan Manajemen Informatika berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 003/BAN-PT/AK-1/DPL/III/IV/2002 pada tanggal 05 April 2002.